Belajar Bahasa Inggris Control American & UK 2012 - 2020 di Indonesia

Rahasia Keajaiban Grammar Cambridge

Keajaiban Grammar Cambridge

Keajaiban Cambridge

Tata Bahasa : tata cara perubahan kata dan penyusunan kata atau kalimat sehingga menjadi kalimat atau paragraf yang bisa dimengerti dan dipahami (adab membuat bahasa).

Tata Krama : adat sopan santun. Orang yang punya tata krama maka ia memiliki adab yang tinggi.

Tapi kalau tidak bertata krama, itu namanya tidak beradab, orang kurang atau tidak beradab maka susah sekali dilihat, membuat kepala pusing.

Orang yang tidak punya adab dan sopan santun maka akan sembarangan berbicara. Orang Jawa biasanya jika baru berkenalan atau berbicara dengan orang tua maka ia akan menggunakan Bahasa Kromo atau bahkan Kromo Inggil.

Orang yang tak tahu Tata Bahasa Jawa maka akan berbicara tak sopan atau kurang adab.

Orang yang tak tau Tata Bahasa Inggris maka ia tidak bisa berbicara sopan santun kepada orang lain. Dengan orang tua ia katakan “Hi, Fuuuck you man !!!”.

Orang yang tidak punya adab, akan masuk rumah orang lain lewat jendala, padahal seharusnya lewat pintu. Orang yang punya tata krama kalau mau masuk rumah orang lain, ia memberi salam dan mengetuk pintu terlebih dahulu.

Di depan acara resmi, orang makan nasi pakai piring tapi dia makan nasi pakai gelas. Susah kan dilihat orang seperti ini ? Bahkan teman disamping jadi malu.

Begitu juga orang yang tidak punya Tata Bahasa atau tidak belajar Tata Bahasa maka berbicara sembarangan dan susah dipahami bahkan tidak bisa dipahami. Seharusnya mengucapkan :

“Saya mau menulis surat” tapi dia malah mengucapkan “Surat mau menulis saya”. Maka itu membuat pusing pendengar. Bahkan membuat semua orang bingung.

“Kalau anda masih bagus pemikiran dan anda berdua dengan teman anda ditugaskan untuk mendatangi Bupati karena ada sesuatu yang ingin disampaikan kepada Bupati Daerah. Kemudian besok hari anda ditugaskan untuk mendatangi Bupati di kantornya maka tentunya seminggu sebelumnya anda sudah menyusun kata-kata atau kalimat yang bagus dan sopan serta kalimat yang menunjukkan bahwa Bupati pantas dihormati dan disegani”.

Apa yang terjadi jikalau anda tidak memiliki Tata Bahasa yang bagus ? Teman anda tadi jadi malu dan juga bisa-bisa hajat anda tidak dikabulkan Bupati.

“Saya tidak belajar tata bahasa Indonesia tapi saya bisa berbicara kepada Bupati dengan baik dan sopan”.

Ssssssss !! Kayaknya anda belum tau tentang Tata Bahasa.

Nah sekarang ada petanyaan :

Saya tidak pernah belajar Tata Bahasa Indonesia atau Bahasa Jawa tapi saya bisa berbahasa dengan baik dan sopan, bahasa saya bertata krama, bahasa saya beradab, bahasa saya bisa dipahami, bahasa saya mudah dimengerti.

Sebelum dijawab pertanyaan itu, perlu anda ketahui : “Di dunia ini tidak ada satupun manusia sosial yang tidak pernah tidak belajar Tata Bahasa”.

Lho !!!??? Saya tidak pernah belajar tata Bahasa Indonesia. Tapi saya bisa berbicara dengan baik dan benar serta sopan.

Apakah anda tahu apa itu Tata Bahasa ?

Ada berapa jenis Tata Bahasa ?

Jangan-jangan anda tidak tahu !

Orang yang tidak punya Tata Bahasa maka dia tidak bisa berbicara walaupun dia punya mulut.

Orang yang tidak punya Tata Bahasa maka dia tidak bisa menulis walaupun dia punya tangan dan otak.

Kapan dan dimana anda meletakkan “Kami, Mereka, Siapa, Seharusnya, meletakkan Noun, Adverb, Verb, Adjective ?”

Apakah bisa menjadi satu kalimat yang dimengerti jika penyusunan unsur bahasa tersebut acak ?

Apa – yang – telah – kamu – masak – di – dapur ? (tentu bisa dipahami kalimat ini).

Coba kalau kalimatnya begini :

Masak – di – apa – yang – kamu – dapur – telah ? (apakah anda bisa memahami kalimat ini, kalau ada orang berbicara kepada anda atau menulis kalimat itu di kertas?)

Orang itu bikin anda pusing aja kan ?

“Tapi nyatanya siswa di sekolah belajar bertahun-tahun, kadang sampai 15 tahun malah gak bisa berbicara Bahasa Inggris”.

Karena guru dan siswa tidak tahu “Apa itu Bahasa, apa itu Tata Bahasa dan apa target .

Begitu mah, wajar aja sampai 15 tahun dak bisa berbahasa Inggris bahkan sampai 20 tahun juga.

Bahasa ialah alat komunikasi berupa suara, kata dan tata bahasa atau cara berkomunikasi yang digunakan masyarakat.

Tata Bahasa : tata cara perubahan kata dan penyusunan kata atau kalimat sehingga menjadi kalimat atau paragraf yang bisa dimengerti dan dipahami (adab membuat bahasa).

Wah dak perlu Tata Tahasa itu !!! Saya tinggal di London 3 tahun dan saya bisa membaca, menulis dan berbicara Bahasa Inggris dengan baik.

He…he…he… Belum tahu ya ?!!

Sebenarnya anda tidak sadar kalau anda telah belajar tata bahasa dari masyarakat atau lingkungan London.

Setiap hari anda belajar mendengar bahasa Inggris dari lingkungan masyarakat London, setiap hari anda belajar bicara bahasa Inggris dengan masyarakat London. Itulah Tata Bahasa….. Apakah anda paham ??

Apakah anda bisa berbicara Bahasa Inggris kalau anda tidak tinggal di London dan selalu berkomunikasi dengan orang London ?

Bagaimana anda bisa mengucapkan kata ini dan kata itu, membuat kalimat ini dan kalimat itu tanpa berkomunikasi dengan mereka di London ?

Tentu tidak bisa kan ?

Saya tinggal di Jakarta, tidak ada teman saya orang Inggris atau Bule tapi saya bisa menulis, membaca, mendengar dan berbicara Bahasa Inggris.

Dari mana anda bisa menulis, membaca, mendengar, berbicara Bahasa Inggris ? Jawab dengan jujur…. (apakah dari buku, TV, Radio ?)

Tidak ada semuanya tapi dari teman saya, dia orang Indonesia  juga.

Dari mana dia bisa Bahasa Inggris? Jawab juga dengan jujur …. (ujung-ujungnya pasti dari buku, TV, Radio, teman atau bahkan orang asing !)

Anak saya 6 tahun sudah bisa berbahasa Inggris dengan baik, dia tidak pernah belajar Grammar, dia tidak tahu Tata Bahasa. Ini menunjukkan bahwa Grammar tidak penting. Dan itu bukti nyata umum di seluruh dunia.

Kayaknya anda punya argumen yang bagus, tapi argumen anda menunjukkan anda belum kenal apa itu Bahasa dan Tata Bahasa !!!

Argumen anda menunjukkan bahwa anda Tertipu…

Gimana sih !!??

Bahkan kami tinggal di UK selama 11 tahun 8 bulan dan anak kami pandai bahasa Inggris dengan bagus padahal ia baru berumur 4 tahun.

Tapi dia belum bisa menulis dan membaca apalagi mengetahui grammar. Ini menunjukkan Grammar tidak penting.

Benarkah demikian ? 1000% tidak benar ucapan itu. Baiklah saat ini kita akan bahas masalah ini.

Seorang anak 3 atau 4 tahun pandai berbahasa Inggris, padahal dia belum bisa membaca, menulis apalagi belajar Grammar. Kenapa ia bisa berbicara ? Karena ia terbiasa mendengar bahasa itu sehari-hari dan diajak langsung oleh bapak, ibu, kakak dan teman-temannya. Tujuan belajar grammar, bagaimana bisa membuat susunan kata atau kalimat sehingga dapat dimengerti dan dipahami.  Anak itu bisa berbicara dan pembicaraannya dapat dipahami dan dimengerti tanpa belajar grammar. Walaupun dia tidak belajar secara formal atau membaca buku. Tapi yang mengajari dia grammar adalah lingkungannya yaitu bapak, ibu, kakak dan teman-temannya. Dan dia sendiri tanpa sadar telah belajar kosa kata dan tata bahasa dari lingkungan dia sendiri.

Pembicaraan dia dapat dipahami karena sesuai tata bahasa lingkungan tersebut. Kalau dia berbicara tidak sesuai dengan tata bahasa lingkungan itu maka bahasa atau pembicaraan dia tentu tidak bisa dipahami. Jadi yang menjadi guru tata bahasa Inggris dia adalah lingkungan. Ibunya mengajari dia, “Ini picang” (maksudnya Ini pisang). “Ayo bobo” ( ayo tidur).

Pengajaran kosakata, penyusunan kata atau kalimat itu sebenarnya mengajarkan tata bahasa. Kita berbicara sehari-hari itu, sebenarnya sesuai dengan tata bahasa lingkungan kita. Dan tata bahasa itu bermacam ragam. Tiap negara, tiap ibu kota, tiap propinsi, tiap kabupaten, tiap kecamatan, tiap desa memiliki tata bahasa sendiri-sendiri. Tiap bahasa di dunia ini memiliki tata bahasa sendiri-sendiri.

Orang yang berbicara satu bahasa tidak sesuai dengan lingkungan negara/tempat tersebut maka pembicaraan dia tidak akan bisa dipahami.

Seperti orang bule yang baru belajar bahasa Indonesia. Ia katakan : “Pasar pergi saya”. Tentu bingung kita memahaminya.

Karena ia berbicara tidak sesuai tata bahasa lingkungan kita Indonesia. Mungkin maksudnya adalah “Saya mau pergi ke pasar”. Tapi karena ia menyusunnya terbalik dan ada kata lain yang hilang maka menyebabkan kita tidak paham atau dengan kata lain hal itu menyebabkan bahasa dia tidak bisa dipahami.

Seperti Bahasa Jawa :

  • Aku wis mangan
  • Mangan aku wis
  • Wis mangan aku
  • Mangan wis aku

Selagi kalimat itu biasa diucapkan dan dapat dipahami oleh daerah setempat maka itu namanya masuk dalam Tata Bahasa daerah tersebut. Bagaimana, apakah anda sudah paham Tata Bahasa ? Dan apakah anda selama ini tidak belajar Tata Bahasa ?

Tahukah anda ada jenis Tata Bahasa Inggris yang harus diketahui oleh penduduk Indonesia dan ini belum pernah TERBONGKAR sebelumnya.

Jenis Tata Bahasa itu ada 2 (dua) :

  1. Represent Letters, Tersurat (Tahap inilah yang membantu kita sebagai orang Indonesia pandai berbahasa Inggris. Ini sangat penting diketahui oleh para pengajar Bahasa Inggris. Dan pembahasan lengkapnya ada di Modul DVD Cambridge Indonesia).
  2. Secara Lisan, Manusia atau Lingkungan, ini namanya secara Natural.

Yang kedua inilah yang mengajari kita tata bahasa setempat sehingga kita bisa berbahasa dengan baik dan bahasa kita dapat dipahami. Kita belajar tata bahasa dari lingkungan dan lingkungan yang menjadi guru tata bahasa kita karena ia mengajari kita berbahasa.

Jawab dengan jujur ! Tanpa lingkungan bisakah kita berbahasa ?

Sekarang jawab, adakah yang berani mengatakan : “Saya tidak pernah belajar tata bahasa, tata bahasa tidak penting”. Ada ???

Dulu selagi kami masih remaja, kami pernah belajar di Pondok Modern. Awalnya kami tidak bisa berbahasa Inggris tapi setelah 3 bulan kami sudah bisa berbahasa Inggris. Kenapa ? Karena lingkungan pondok berbahasa Inggris maka kami jadi terbiasa mendengar dan terbiasa bercakap-cakap bahasa Inggris. Yang jadi guru bahasa kami adalah lingkungan. Kalau kami berbicara tidak sesuai kaedah bahasa lingkungan maka pembicaraan kami tidak bisa dipahami orang lain.

Jadi setiap lingkungan memiliki tata bahasa tersendiri. Kalau kita berbicara tidak sesuai tata bahasa lingkungan itu, maka pembicaraan kita tidak bisa dipahami.

 Nah, tujuan Cambridge ialah ingin membentuk Bahasa Inggris dalam diri pribadi seseorang dan family.

Saat sekarang ini saya belajar dan ingin menguasai Bahasa Inggris tapi siapa yang menjadi Guru Tata Bahasa saya sehingga bahasa saya mudah dipahami sedangkan lingkungan saya tidak berbahasa Inggris.

Maka buku Grammar dan buku Speaking sangatlah penting untuk membantu anda berbicara Bahasa Inggris.

Lalu buku Grammar dan Speaking yang bagaimana yang bisa saya jadikan penolong saya berbahasa Inggris ?

Sebelum anda mengetahuinya, anda harus tahu telebih dahulu TEKNIK SPEAKING.

Pernahkah anda tahu Teknik Speaking dan apa manfaatnya ? Materinya di DVD Modul Cambridge.

Manfaat Teknik Speaking adalah :

  1. Mudah Berbicara
  2. Terasa PD Ngomong
  3. Kita Heran dengan Speaking Kita Sendiri
  4. Mudah Dipahami Orang Asing
  5. Orang Indonesia Ajib Dengan Kelancaran Kita

Materi Speaking harus memiliki Teknik Speaking dan Konsep Bahasa, sebab akan cepat membantu kita berbahasa Inggris walaupun lingkungan kita tidak ada yang berbahasa Inggris.

Begitu juga materi Grammar harus memiliki Konsep Bahasa, agar bahasa kita mudah dimengerti dan dipahami.

Tahukah anda bahwa Bahasa Inggris itu memiliki Konsep Bahasa, apa Konsep itu dan berapa jumlahnya ?

Dosen kami di UK mengatakan “Kalau siswa-siswa di UK tidak menggunakan Konsep ini maka ia akan minder berteman dengan siswa lain, bahkan ia dianggap sebagai siswa yang lambat perkembangan otaknya. Walaupun sebenarnya hal itu tidak pantas dikatakan kepada mereka. Tetapi hal itu sudah menjadi public di UK”.

Kemana saja anda membawa Konsep itu maka anda tidak akan disalahkan, anda akan dipahami, anda akan disanjung, anda dicap sebagai orang yang beradab, dianggap sebagai orang yang bertata krama ketika berbicara.

Pembahasan ini sungguh menarik, silakan baca selengkapnya di DVD Modul Cambridge Indonesia.

1.000.000% belum pernah anda baca sebelumnya. Setelah anda baca maka anda akan sadar dan percaya.

SPEAKING Cambridge Indonesia

  • Ada berapa grammer
  • penyusunan materi grammar
  • penyusunan kata b ingris google
  • grammar ada berapa
  • google penyusunan kata b inggris
  • cara menyusun kalimatbahasa inggris acak menjadi kalimat yg susunanya benar
  • ada berapakah kata dlam tata bahasa inggris
  • ada berapa materi dalam grammar bahasa inggris
  • ada berapa macam grammar dalam bahasa inggris
  • ada berapa macam grammar
Tags: , , , , , ,

Teknik Speaking Cambridge

19 Responses to Rahasia Keajaiban Grammar Cambridge

  1. Sofiyatun says:

    saya kagum pembahasan grammar Cambridge. Belum pernah saya temukan dimanapun, bahkan selama saya sekolah sampai mengajar baru kali ini saya baca info seperti ini. Mohon dikasih info Members Premuim Cambridge ke email saya…

  2. Rahayu says:

    Luar biasa ilmunya…. numpang download ya..

  3. Hendry says:

    Good Info, very nice article…

  4. Arif Yuniarto says:

    Betul sekali Grammar sangat penting untuk menguasai percakapan bahasa inggris. salam sukses.

  5. Fauzi says:

    Wah,,, sungguh hebat Cambridge. Luar biasa…saya tambah ilmu banyak nih…

  6. Zazya says:

    secara jujur, saya benar-benar terbantu belajar bahasa inggris di cambridge, banyak sekali ilmu yang saya dapatkan. karena cambridge memberikan kemudahan bagi saya berkomunikasi dengan cepat dan mudah.

  7. Khirul says:

    Setelah ikut cambridge saya bertambah pengetahuan tentang bahasa inggris… terimaksih cambridge.

  8. Fitria Mintarsih says:

    tata bahasa cambridge telah membantuku selama ini dalam mengajar bahasa inggris di sekolah.

  9. susi susanti says:

    saya mau daftar sebagai member nya tapi ga bisa-bisa. mohon bantuannya

  10. Siti Kulsum Suryana Putri says:

    saya sudah registrasi menjadi member Premium Cambridge dan disebutkan jika ingin mendapatkan modul DVD harus menjadi member Premium Cambridge terlebih dahulu. Saya sudah menjadi member. lalu bagaimana caranya agar saya bisa mendapatkan Modul DVD Premium Cambridge Indonesia? Terima Kasih

  11. defitra mardiana says:

    haloo.. web ini apakah masih berlaku atau tidak? saya bingung.. tidak ada satupun email yang saya terima.. sepertinya tidak ada respon..
    padahal saya berminat sekali mendaftar di sini.. mohon segera ada balasa ya, saya sangat menunggu.. thx :)

  12. dumair says:

    saya perna belajar di pesantren selama enam tahun kemudian melanjutkan kulia di hidayatullah jakarta kemudian pindah ke Makassar mengikuti program kelas khusus.
    saya kira bahasa ingris sangat saya perlukan demi kelancaran kelanjutan studi saya sampai pada tingkat tertinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *